Sabtu, 27 April 2013

Sistem Penulisan Tablatur

Permainan gitar elektrik lebih praktis jika dibaca dengan menggunakan tablatur. Melalui tablatur, posisi nada yang bersangkutan langsung terlihat. Namun tablatur memiliki kelemahan, yaitu ia tidak menunjukkan pitch nada yang bersangkutan.

PITCH
Pitch (tinggi-rendah nada). Membaca pitch  bermula dari kunci G (G clef)



Kunci G (ingat, ini berbeda dengan akord G) memiliki titik pusat pada garis kedua dari bawah. Artinya pada garis itulah berada nada G. Dengan demikian, spasi di atas garis tersebut adalah tempat nada A, dan garis di atasnya lagi adalah nada B. Demikian seterusnya. Hal ini berlaku pula untuk spasi serta garis di bawahnya.

Letak nada-nada di fingerboard adalah sebagai berikut:
Dimulai dari nada C, D, E, dan seterusnya. Seperti yang tertulis di garis paranada.



TABLATUR
Tablatur adalah grafik yang menggambarkan senar gitar disertai angka yang menunjukkan fret yang ditekan.



FINGERBOARD
Serumit apa pun suatu karya musik, sebenarnya karya itu "hanya" berawal dari tujuh nada: C, D, E, F, G, A, B, C, dengan jarak per nadanya yang begitu legendaris: 1-1-1/2-1-1-1-1/2.
Hal ini sangat penting Anda pahami (bukan cuma dihafalkan), karena akan membantu Anda mengetahui letak nada pada fingerboard. Perhatikan diagram berikut ini.



Sekarang kita terapkan jarak-jarak tersebut pada fingerboard. Dengan konversi jarak 1 dalam diagram tersebut sama dengan 2 fret pada gitar. Dan jarak 1/2 sama dengan 1 fret pada gitar. Sebelum menerapkannya pada gitar, kita harus mengetahui nada-nada pada senar terbuka (open string).
Senar 1 bernada E
Senar 2 bernada B
Senar 3 bernada G
Senar 4 bernada D
Senar 5 bernada A
Senar 6 bernada E

Perlu diingat bahwa untuk menggambarkan senar gitar, senar 1 atau senar terkecil selalu digambarkan paling atas.
Dengan penerapan konvesi tersebut maka kita akan menemukan nada-nada di atas fingerboard sebagai berikut:



Anda sebaiknya hapal posisi nada-nada pada fingerboard tersebut. Pada tahap awal ini Anda minimal hapal nada-nada di senar 4, 5, dan 6 agar Anda nanti bisa lebih mudah menentukan letak akord dan tangganada.

0 komentar:

Posting Komentar