Jumat, 26 April 2013

Senam Jari

Senam Jari dilakukan untuk melatih kelenturan dan kekuatan jari-jari tangan kiri serta kesesuaiannya dengan jari-jari tangan kanan. Hasilnya akan terlihat setelah Anda melakukannya secara rutin setiap hari selama satu sampai empat minggu. Semakin lama Anda berlatih, semakin kuat dan lentur jari-jari Anda. Dalam waktu dua hingga tiga bulan, jari-jari yang dilatih dengan benar dan rutin akan mampu melakukan gerakan-gerakan yang kompleks.
Sebagai simbol, jari tangan kiri ditandai dengan angka :
1 = untuk telunjuk
2 = untuk jari tengah
3 = untuk jari manis
4 = untuk kelingking



Latihan 1.1
Sebelumnya dianjurkan anda untuk melatih tangan kanan anda gerakan memainkan pick dengan gerakan down dan up.
Gerakan pick dengan arah down dan up empat gerakan per senar, dari senar 6 sampai senar 1. Kemudian naik lagi sampai senar 6.

Latihan 1.2
Latihan ini merupakan senam jari gerakan pertama.

  • Gerakan jari 1, 2, 3, dan 4 berturut-turut pada senar 6 dengan arah pick: down-up-down-up. Kemudian turun ke senar 5, senar 4, senar 3, senar 2 dan senar 1 (tahan jari-jari yang telah terpasang pada fret).
  • Saat ini jari 1, 2, 3, dan 4 berada di senar 1 fret 1, 2, 3, dan 4. Kemudian pindah-kan jari-jari tersebut (jari 1, 2, 3, dan 4) ke fret 2, 3, 4, dan 5 (tahan keempat jari pada fret).
  • Lepaskan tekanan jari-jari tersebut berturut-turut dari jari 4, 3, 2, dan 1 pada senar 1, kemudian naik ke senar 2, senar 3, senar 4, senar 5, dan senar 6.
  • Lakukan latihan tersebut sampai fret terjauh gitar Anda.
Berikut ini adalah latihan yang sama tetapi dituliskan dalam tablatur. Untuk membaca tablatur, lihat artikel Sistem Penulisan Tablatur.



Latihan 1.3
Identik dengan latihan 1.2 di atas, lakukan senam jari gerakan kedua dengan gerakan jari 1-3-2-4 mulai dari senar 6 berturut-turut turun sampai senar 1. Lanjutkan dengan menggerakan jari 4-2-3-1 dari fret di depannya berturut-turut naik dari senar 1 sampai senar 6. Begitu seterusnya sampai fret terjauh gitar anda.



Latihan 1.4
Identik dengan latihan 1.2 di atas, lakukan senam jari gerakan ketiga dengan gerakan jari 1-4-2-3 mulai dari senar 6 berturut-turut turun sampai pada senar 1. Lanjutkan dengan menggerakkan jari 4-1-3-2 dari fret di depannya berturut-turut naik dari senar 1 sampai senar 6. Begitu seterusnya sampai fret terjauh gitar anda.


0 komentar:

Posting Komentar